Dalam Kristen, akhir zaman digambarkan sebagai peristiwa kesengsaraan makhluk di bumi. Dimana peristiwa ini datang sebelum kedatangan Kristus yang kedua kalinya ke dunia, yang akan menghadapi anti-kritus dan menghantarkannya ke kerajaan Allah.
Tanda-tanda akhir zaman juga terdapat dalam Matius 24:15-22 dan Lukas 21:20-33. Sebelum akhir zaman benar-benar terjadi, Yesus akan memberikan petunjuk kepada umat manusia sebagai tanda, seperti:

1.Malapetaka dan Bencana Alam
Untuk yang pertama mungkin sudah banyak terjadi di Indonesia bahkan didunia seperti:
– Gempa Bumi
– Angin Topan
– Badai
-Tanah Longsor

Secara Ilmu pengetahuan, peristiwa tersebut di anggap wajar karna pengaruh pergerakan bumi. Namun jika kita melihat dalam ilmu rohani, hal tersebut tidak akan terjadi tanpa kehendak Allah itu sendiri. Jika Allah berkehendak, bencana alam dan malapetaka tidak akan terjadi. Hal ini diperkuat oleh kitab Lukas 21:11 “Dan akan terjadi gempa bumi yang dahsyat dan di berbagai tempat akan ada penyakit sampar dan kelaparan, dan akan terjadi juga hal-hal yang mengejutkan, dan tanda-tanda dahsyat dari langit.”

2.Kelaparan dan Kemiskinan, dan Penyakit
Ketiga tanda ini sudah sangat jelas terjadi saat ini. Contohnya peristiwa nyata, antara lain:
– banyak penyakit atau virus yang bermunculan dan masih belom diketahui vaksinnya
– kelaparan dan kemiskinan juga terjadi di seluruh belahan bumi

Hal ini diperkuat oleh kitab Markus 14:14-20 “Apabila kamu melihat peminasa keji berdiri ditempat yang tidak sepatutnya- para pembaca hendaklah memperhatikannya- maka orang-orang yang di Yadea haruslah melarikan diri ke pegunungan. Orang yang sudah di paranginan di atas rumah janganlah ia turun dan masuk untuk mengambil sesuatu dari rumahnya. Dan orang yang sedang di ladang janganlah ia kembali untuk mengambil pakaiannya. Celakalah ibu-ibu yang sedang hamil atau yang menyusukan bayi pada masa itu.
Berdoalah, supaya semuanya itu jangan terjadi pada musim dingin. Sebab pada masa itu akan terjadi siksaan yang belum pernah terjadi sejak awal dunia, yang diciptakan Allah, sampai sekarang dan yang tidak akan terjadi lagi. Dan sekiranya Tuhan tidak mempersingakat waktunya, maka dari segala yang hidup tidak akan ada yang selamat; akan tetapi oleh karena itu orang-orang pilihan yang tepat dipilihnya, Tuhan akan mempersingkat waktunya.”

3.Seks di Luar Batas
Salah satu poin ini sudah terjadi di mana-mana. Manusai seakan hidup dalam dalam nafsu yang sangat tinggi. Jika harusnya tidak terpenuhi, hancurlah orang tersebut. Akibat yang ditimbulkan dari haus seks.

4.Perang Terjadi Dimana-mana
Sudah sejak zaman dulu, peperangan telah terjadi. Baik antar Negara,Sesama Bangsa,Suku, dan Agama. Akibat adanya perang, manusia tidak lagi menjadi murid Kristus. Matius 24:6-7 “Kamu akan mendengar deru perang atau kabar tentang perang.Namun , berawas-awaslah jangan kamu gelisah; sebab semuanya itu harus terjadi, tetapi itu belum kesudahannya. Sebab bangsa akan bangkit melawan bangsa, dan kerjaan melawan kerjaan. Akan ada kelaparan dan gempa bumi di berbagai tempat.”

5.Kemajuan di Bidang Ekonomi dan Perindustrian
Poin ini juga sudah ada dan benar adanya, semua negara berlomba-lomba dalam meningkatkan ekonomi dan perindustrian. Kemajuan di dua di bidang ini biasanya terjadi di negara-negara maju. Di beberapa negara, adanya kemakmuran dan kelimpahan harta. Peristiwa ini sebagai tanda bahwa Yesus akan datang untuk yang kedua kalinya.

6.Meningkatnya Ilmu Pengetahuan
Sudah banyak peningkatan yang terjadi di dunia pendidikan, terutama di teknologi. Dari tahun ke tahun teknologi sangat berkembang pesat bakhan melebihi ekspetasi dan melampaui generasi sebelumnya. Banyak temuan baru yang berhasil diciptakan seperti robot yang memudahkan aktivitas manusia. Namun ada sisi negatif yang ditimbulkan karena pintarnya manusia zaman sekarang,antara lain:
-Manusia yang terlalu pintar membuatanya egois
-Tingginya ilmu pengetahuan membuat manusia tidak percaya akan kekuatan tuhan dan menghiraukan

7.Kemerosotan Moral
Salah satu poin ini memang sudah banyak terjadi terutama pada anak usia remaja. Contohnya antara lain:
– seks bebas
– kenakalan remaja seperti narkotika
– suka menyombongkan diri sendiri dan memfitnah manusia
– sikap manusia yang tidak tahu terima kasih, suka memberontak

8.Stres yang Meningkat
Banyak orang yang mempunyai pikiran seperti di pekerjaan, orang tua yang mengasuh anaknya yg tidak bisa di atur, sehingga pikaran-pikiran yang banyak seperti membuat seseorang dapat stres. Stres yang berlebihan tesebut akan menimbulkan penyakit seperti jantung, darah tinggi, kolestrol, dan berujung pada kematian. Selin mengarah kematian, stres juga dapat mempengaruhi mental manusia.

9.Gerakan Pembangunan Rohani Secara Besar-Besaran
Nubuat Matius 24:14 “Dan Injil kerjaan ini akan diberikan diselurh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah tiba kesudahannya.”
Banyak manusia yang mulai bertobat dan mengetahui siapakah Allah Tritunggal. Arti yang terdapat dalam nubuat Matius, antara lain:
– Gerakan pembangunan rohani dan pemasyuran injil akan dilakukan secara besar-besaran, bukan untuk membalikan jalan dari salah menjadi benar. Namun, lebih mengarah pada terpuruknya jalan bagi manusia yang ingin bertobat sebelum akhir zaman.
– Pembangunan rohani dan memasyurkan injil dilakukan secara intensif sekali. Mulai dari benua Eropa, Amerika,Asia,Afrika,dan Australia

10.Krisis Lingkungan Global
Alam yang dulunya indah dan sejuk, kini telah berubah kering,tandus dan panas. Mungkin dari kalian semua sendiri sudah bisa menebak siapa menyebabkan kerusakan alam, kalo bukan kita sendiri ”Manusia”. Ulah Manusia yang merusak global antara lain:

11.Tanda-Tanda yang Datang dari Langit
Sebelum akhir zaman, semua tanda di atas akan jelas kelihatan dan bahkan sudah ada yang terjadi. Dalam Kitab Lukas 21:25-26 “Dan akan ada tanda-tanda pada matahari dan bulan dan bintang-bintang, dan dibumi bangsa-bangsa akan takut dan bingung menghadapi deru dan gelora laut. Orang akan mati ketakutan karena kecemasan berhubung dengan segala cara apa yang menimpa bumi ini, sebab kuasa-kuasa langit akan goncang”.

*Terima kasih sudah membaca artikel ini, tetap toleransi dan saling menghargai
#HidupToleransi